-->

About

Selasa, 19 Februari 2013

Macam-macam sistem operasi komputer

1. MS-DOS 

Singkatan dari Microsoft Disk Operating System, adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutanGUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft windows.
KELLEBIHAN :.
  a.       Dapat lebih mudah membuat folder bersama subfolder nya.
  b.       Dapat melihat file di suatu harddisk atau folder secara keseluruhan maupun yang di   hidden.
  c.       Dapat mengcopy file lebih cepat dibandingkan sistem operasi berbasis GUI    (GraphicUnit Interface).
 
KEKURANGAN:
             a. Resiko Kehilangan file lebih besar jika kita sedang ceroboh atau tidak fokus.
    b. Tempilan kurang menarik.
    c. Pengoperasian nya masih berbasis teks.


2. Microsoft Windows 

Lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga Sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.
Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.
KELLEBIHAN :.
  • Sistem operasi yang user-friendly.
  • Dukungan hardware yang lengkap, aplikasi bagi platform Windows lebih banyak.
  • Memiliki pengaturan control akses yang canggih dibandingkan dengan sistem operasi  yang    lain, dikarenakan tidak semua orang dapat mengakses data secara bebas terhadap semua objek tertentu.
  • Mendukung sistem berkas partii dengan fomat FAT, FAT16, FAT32, NTFS, juga ISO9660.
  • Mendukung Sistem Berkas Terenskripsi ( EFS ). Sistem ini digunakan untuk memproteksi data- data yang penting agar tidak dapat di buka oleh user lain apalagi komputer lain.
  •  KEKURANGAN:
  • Mudah sekali tertular virus.
  • Harga lisensi terlalu mahal dan tidak dapat dijangkau oleh user secara keseluruhan.
  • Tidak ada efek tiga dimensi dan memiliki resolusi gambar yang rendah.


  • 3. Unix 

    Unix adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA), UNIX didesain sebagai Sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user.
    Sistem operasi Unix digunakan secara luas baik sebagai server atau workstation. Arsitektur Unix dan model client/server merupakan elemen yang paling penting dalam perkembangan internet dan mengubah proses komputasi secara terpusat dalam jaringan dari pada proses tunggal di komputer. Linux, merupakan sistem operasi yang diadopsi dari Unix dan tersedia secara bebas mendapat popularitas sebagai alternatif dari sistem operasi proprietary seperti Microsoft Windows
    KELLEBIHAN :.
    • sistem operasinya gratis
    • tidak perlu mengintal driver lagi
    • mendapatkan applikasi multimedia dan desian grafis yang lengkap
    • tidak bisa terkena virus
    • desktopnya bagus
     KEKURANGAN:
    • membingungkan karna berbeda dengan windows
    • format file yang terlalu sedikit
    • banyak software yang tidak complatible dengan unix


    4. Linux

    Linux adalah sebuah program open source yang gratis di bawah lisensi GNU, sistem operasi 32-64 bit, yang merupakan turunan dari Unix dan dapat dijalankan pada berbagai macam platform perangkat keras mulai dari Intel (x86), hingga prosesor RISC. Linux sebagai program open source yang gratis Salah satu yang membuat Linux terkenal adalah karena gratis. Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) Anda dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumbernya (source code). Tidak hanya itu, Anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak Anda mau, atau bahkan mengubah kode sumbernya.Dan itu semua legal dibawah lisensi. Meskipun gratis, lisensi GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program.Kebebasan yang paling penting dari Linux, terutama bagi programmer dan administrator jaringan, adalah kebebasan memperoleh kode sumber (source code) dan kebebasan untuk mengubahnya. Ini berimplikasi pada beberapa hal penting. Pertama keamanan, yang kedua dinamika.Jika perangkat lunak komersial tidak memperkenankan Anda untuk mengetahui kode sumbenya maka Anda tidak akan pernah tahu apakah program yang Anda beli dari mereka itu aman atau tidak (sering disebut security by obscurity). Hidup Anda di tangan para vendor. Dan jika ada pemberitahuan tentang bug dari perangkat lunak komersial tersebut, seringkali sudah terlambat. Dengan Linux, Anda dapat meneliti kode sumbernya langsung, bersama dengan pengguna Linux lainnya. Berkembangnya pengguna Linux sebagai komunitas yang terbuka, membuat bug akan cepat diketahui, dan secepat itu pula para programmer akan memperbaiki programnya. Anda sendiri juga yang menentukan kode yang cocok sesuai dengan perangkat keras maupun kebutuhan dasar perangkat lunak lainnya untuk dapat diimplementasikan. Ibarat sebuah mobil, Anda bisa memodifikasi sesukanya, bahkan hingga mesin sekalipun, untuk memperoleh bentuk yang diinginkan.Keterbukaan kode sumber juga memungkinkan sistem operasi berkembang dengan pesat. Jika sebuah program dengan sistem tertutup dan hanya dikembangkan oleh vendor tertentu, paling banyak sekitar seribu hingga lima ribu orang. Sedangkan Linux, dengan keterbukaan kode sumbernya, dikembangkan oleh sukarelawan seluruh dunia. Bug lebih cepat diketahui dan program penambalnya (patch) lebih cepat tersedia. Pendekatan pengembangan sistem operasi ini disebut Bazaar. Kebalikannya sistem Chatedraal sangat tertutup dan hanya berpusat pada satu atau dua pengembang saja.
    KELLEBIHAN :.
    a. stem operasi yang tahan tertular virus.
    b. Linux sangat stabil, sehingga menjadi platform mayoritas bagi server internet, hingga    industri perfilman.
    c. Linux sangat baik digunakan untuk jaringan.
    d. Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux. Linux adalah sistem operasi yang murni multiuser dan multitasking.

    KEKURANGAN:
  • Masih belum banyak software yang cocok dijalankan di Linux.
  • Beberapa hardware yang sepertinya sulit untuk menyediakan driver untuk Linux.
  •  5. Apple machint osh os

    Apple Mac OS merupakan turunan dari UNIX melalui jalur BSD (Berkeley Software Distribution). Oleh karena itu kekuatan dalam multi-tasking, multi-user, networking yang ada pada UNIX juga dimiliki oleh Mac OS. Mac OS adalah sistem operasi berbasis GUI. Apple merupakan pelopor dalam penggunaan GUI pada sistem operasi. Penggunaan icon, mouse dan beberapa komponen GUI merupakan sumbangan yang luar biasa bagi perkembangan sistem operasi berbasis GUI. 

    KELLEBIHAN :.  

  • Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk desain grafik/multimedia.
  • Tidak mudah terserang virus, Karena dirancang oleh security oriented.
  • Mempunyai program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalamjaringan lokal, tetapi juga di Internet.
  • High Performance khususnya untuk MAC OS X yang dapat untuk melakukan semua hal dalam menjalankan aplikasi dengan kecepatan baik.

  •   KEKURANGAN:   
  • Harganya masih terlalu mahal.
  • Seakan hanya ditujukan untuk desainer grafis.
  • Kurang cocok untuk aplikasi server dan game.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar